Sabtu, 03 Maret 2018

MENGENAL PROFESI ATLM

 Apakah ATLM itu ?


Pernahkan anda pergi ke rumah sakit atau laboratorium klinik ?, atau setidaknya pernahkah anda melihat tayangan di media sosial tentang seorang yang bekerja di laboratorium ?.
Itulah yang dimaksud dengan profesi ATLM.






Dibanding dengan profesi tenaga medis lain, seperti dokter, perawat dan bidan,  ATLM adalah istilah yang kurang familiar. sehingga banyak orang yang tidak kenal dengan profesi yang satu ini.

ATLM adalah singkatan dari Ahli Tenaga Laboratorium Medik, atau dahulu dikenal dengan istilah Analis Kesehatan.

Berdasarkan Permenkes no.42 tahun 2015, Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan Teknologi Laboratorium Medik atau analis kesehatan atau analis medis dan memiliki kompetensi melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk menghasilkan informasi tentang kesehatan perseorangan dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Seperti halnya tenaga kesehatan yang lain,setiap ATLM / Analis Kesehatan wajib mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi)dan bagi yang sudah bekerja di tempat pelayanan kesehatan wajib mempunyai SIP (Surat Izin Praktik). Sehingga semua kegiatan ATLM sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tugas ATLM dimulai dari persiapan pengambilan sampel, pengambilan sampel (seperti pangambilan sampel darah, urin, dahak, dll), mengolah sampel, menganalisa sampel, memberiksan laporan hasil analisa. Hal itu memerlukan ketelitian dan kecermatan yang tinggi karena berhubungan langsung dengan keselamatan pasen.




Pada era tahun 60-an pendidikkan bagi tenaga laboratorium diselenggarakan setara dengan dengan SLTA.Dengan perkembangan zaman dan tuntutan perkembangan teknologi, sejak era tahun 80-an dimulai pendidikkan bagi tenaga laboratorium diploma III, dan semakin berkembang dengan adanya pendidikkan tingkat lanjut setara S1 yaitu diploma IV.

Di Indonesia,terdapat sekolah khusus bagi calon tenaga ATLM ini hampir di setiap provinsi, yang dikelola oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan yang menyelenggarakkan pendidikkan Diploma III dan Diploma IV yang tergabung dalam Poli Teknik Kesehatan atau yang disingkat POLTEKKES. Tetapi tidak semua Poltekkes menyelenggarakan program studi jurusan Analis Kesehatan. Berikut daftar poltekkes yang menyelenggarakkan profram studi jurusan Analis Kesehatan :
  1. Poltekkes Medan-(D-III)
  2. Poltekkes Bengkulu-(D-III)
  3. Poltekkes Palembang-(D-III)
  4. Poltekkes Tanjung Karang-(D-III)
  5. Poltekkes Banten-(D-III)
  6. Poltekkes Jakarta III-(D-III & D-IV)
  7. Poltekkes Bandung-(D-III & D-IV)
  8. Poltekkes Semarang-(D-III)
  9. Poltekkes Yogyakarta-(D-III & D-IV)
  10. Poltekkes Malang-(D-III & D-IV)
  11. Poltekkes Denpasar-(D-III)
  12. Poltekkes Mataram-(D-III& D-IV)
  13. Poltekkes Kupang-(D-III)
  14. Poltekkse Banjarmasin-(D-III & D-IV)
  15. Poltekkes Samarinda-(D-III)
  16. Poltekkes Pontianak-(D-III)
  17. Poltekkes Jayapura-(D-III)
  18. Poltekkes Makasar-(D-III & D-IV)
  19. Poltekkse Manado-(D-III)
  20. Poltekkes Maluku-(D-III)
  21. Poltekkes Kendari-(D-III)
  22. Poltekkes Ternate-(D-III)
Selain Poltekkes yang dikelola Kemenkes, ada juga beberapa pihak swasta yang mengelola pendidikkan khusus bagi tenaga ATLM,sehingga hal ini dapat menambah penyediaan tenaga laboratorim  yang terampil dan handal yang dibutuhkan oleh dunia kesehatan yang semakin berkembang dengan pesat.

Mudah-mudahan dengan tulisan ini anda semakin mengenal profesi ATLM / analis Kesehatan yang sudah menjadi bagian penting bagi pelayanan di bidang kesehatan di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAMBILAN SAMPEL URIN PADA PASEN BAYI UNTUK PEMERIKSAAN LABORATORIUM   Adakalanya untuk keperluan diagnosa tertent...